Apel Siaga Bencana Kecamatan Wirobrajan Tahun 2020

Kecamatan Wirobrajan menggelar Apel Siaga Bencana Kecamatan Wirobrajan Tahun 2020, pada Jumat 6 November 2020 pukul 08.00 WIB. Apel ini dilaksanakan di halaman SMA N 1 Yogyakarta diikuti oleh KTB (Kampung Tangguh Bencana), Linmas, Tokoh Masyarakat, TNI, Polri, Sarpras, Pegawai Kecamatan Wirobrajan dan Kelurahan sekecamatan Wirobrajan, dan Forkompinca Wirobrajan.

Apel Siaga Bencana ini dilakukan sebagai upaya Kecamatan Wirobrajan dalam meningkatkan kesiap siagaan untuk menanggulangi bencana yang terjadi dan mungkin terjadi di wilayah Kecamatan Wirobrajan. Bencana dimaksud meliputi pandemic Covid-19, bencana hidrometeorologis (banjir, tanah longsor, puting beliung, pohon tumbang) dan ancaman Deman Berdarah Dengue (DBD).

Apel diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya serta dilanjutkan menyanyikan lagu mars Tangguh. Setelah itu pembacaan pernyataan Siaga Bencana oleh Bapak Tri Handoko Putro, di mana pada pembacaan ini disebutkan upaya yang akan ditempuh dalam mencegah terjadinya bencana. Dilanjutkan amanat Pembina apel yang dibawakan oleh Camat Wirobrajan Bapak Sarwanto. Setelah amanat dilakukan pemeriksaan pasukan dan peralatan oleh Pembina Apel didampingi Kapolsek Wirobrajan dan Danramil 010 Wirobrajan serta komandan apel. Saat pemeriksaan pasukan dan peralatan dilakukan keliling halaman apel serta mengecek dan mencoba langsung alat-alat Sarpras. Terakhir pembacaan doa oleh perwakilan KUA Wirobrajan.

Penanggulangan bencana memang sudah tanggung jawab seluruh elemen di wilayah Kecamatan Wirobrajan maka dengan adanya apel ini menjadikan semua elemen lebih siap siaga menghadapi bencana dengan saling berkerja sama. Seluruh warga Kecamatan dengan dukungan Pemerintah Kecamatan Wirobrajan dan instansi terkait, menyatakan SIAP SIAGA untuk menanggulangi bencana yang terjadi dan mungkin terjadi. Siap untuk Selamat. Salam Tangguh. Siap Siaga.