Sinau Pancasila dan Wawasan Kebangsaan

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik mengelar kegiatan seminar Sinau Pancasila dan Wawasan Kebangsaan. Kecamatan Wirobrajan berkesempatan menyelenggarakan kegiatan tersebut kemarin Jumat, 04 Desember 2020 sekitar pukul 08.00 – 11.00 WIB di Aula Bugis Kantor Kecamatan Wirobrajan.

Acara dimulai dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, setelah itu pembacaan teks Pancasila dan teks Pembukan UUD 1945. Acara ini juga didampingi langsung Camat Wirobrajan yaitu Bapak Sarwanto.

Acara yang diikuti tamu undangan dari kalangan generasi muda (milenial) usia sekitar 17-30 tahun. Tamu undangan ini terdiri dari dari pihak Kecamatan dan pihak Bakesbangpol DIY. Undangan dari pihak Kecamatan yaitu Kadar Pemuda, Paskibraka / Alumni Paskibraka / Siswa SMA / Mahasiswa, Ormas Pemuda, Ormas Keagamaan Pemuda, Pemuda Pengurus Jaga Warga. Sedangkan undangan dari pihak Bakesbangpol DIY, Kesbang Kabupaten / Kota, Unsur Kecamatan (MC, Dirigen, dll), serta Unsur Media dan Komisi A.

Materi pagi itu disampaikan oleh tiga pembicara yaitu pertama oleh Dr. Badrun Alaena, M.Si. dari PSPBN UIN Yogyakarta, kedua oleh Widyastuti, S.S., M.Hum. dari Kasubag TU Kesbang Kota Yogyakarta, dan terakhir yang ketiga Eko Suwanto, S.T., M.Si. dari Komisi A DPRD DIY.