Kelurahan Wirobrajan Kecamatan Wirobrajan Launching Dapur Balita

Dapur Balita di wilayah Kecamatan Wirobrajan memang sudah ada pada beberapa wilayah, kegiatan ini merupakan partisipasi dan kepedulian masyarakat terhadap tumbuh kembang anak tentunya balita terutama di masa pandemik COVID-19. Dapur Balita yang sudah ada dan berjalan seperti di Kelurahan Pakuncen yaitu di RW.11, kemudian beberapa waktu lalu tepatnya 29 November 2020 Kelurahan Patangpuluhan RW.06 juga sudah melaksanakan launching Dapur Balita Sehat sekaligus launching Mobil Gender Corner milik DPMPPA oleh Wakil Walikota Yogyakarta Bapak Heroe Poerwadi. Kesempatan tersebut Camat Wirobrajan Bapak Sarwanto, Ibu Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Kepala Dinas Perempuan & Perlindungan Anak (DPMPPA) Kota Yogyakarta, serta Wakil Walikota Yogyakarta Bapak Heroe Poerwadi juga hadir serta memberikan sambutan pada acara tersebut.

 

Foto saat launching dapur balita sehat Kelurahan Patangpuluhan

Setelah berhasil launching Dapur Balita Sehat di Kelurahan Patangpuluhan, kemarin Jumat 11 Desember 2020 Kelurahan Wirobrajan juga mengadakan launching Dapur Balita Sehat, Relawan Sehat Dapur Balita Peduli Covid-19 dengan tema yang sama “Ngluwihi Mbagehi” di Lapangan Olahraga SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Acara tersebut dibuka oleh Camat Wirobrajan Bapak Sarwanto, saat sambutan tersebut Bapak Camat juga berharap acara ini bisa menjadi virus kebaikan bagi yang lainnya. Sebelum launching secara resmi Bu Wahyu Budiantini selaku koordinator posyandu RW.02 memaparkan terkait dapur balita ini. Setelah itu launching Dapur Balita diresmikan langsung oleh Ibu Wakil Walikota yaitu Ibu Poerwati Soetji Raharjo.

Selain Bapak Camat Wirobrajan beserta Ibu Camat dan Ibu Wakil Walikota acara ini juga dihadiri, Plt Lurah Wirobrajan Ibu Sri Suwardani, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pak Edy selaku Kepala DPMPPA, Bapak Juharnomo dari LPMK, Ketua RW.02, dan Takmir Masjid. Warga sekitar serta ibu PKK juga hadir memberikan dukungan acara ini. Kegiatan kemarin juga disediakan beberapa meja dari meja pendaftaran, meja pojok solusi yang disediakan untuk warga konsultasi terkait masalah keluarga, meja solusi konsultasi yang disediakan untuk konsultasi terkait gizi balita, dan meja PMT atau Pemberian Makanan Tambahan.  Sebelum masuk ke acara ini tidak lupa protokol kesehatan juga disedikan seperti disediakan tempat cuci tangan sebelum memasuki area.

Plt Lurah Wirobrajan, Ibu Sri Suwardani juga menuturkan bahwa sangat mendukung acara tersebut, apalagi di masa pandemik COVID-19 ini. Kedepannya beliau juga mengatakan akan membuka Dapur Lansia serta Dapur Ibu Hamil.

 

Foto saat launching dapur balita Kelurahan Wirobrajan