Pendampingan Pengelolaan Arsip

Pengelolaan arsip yang baik di sebuah Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) sangat penting, hal ini disadari oleh kantor Kemantren Wirobrajan. Sehingga beberapa hari lalu Kemantren Wirobrajan mengirim surat perihal Pendampingan Pennataan Arsip kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, dimana surat tersebut bermaksud untuk pendampingan dalam penataan arsip di wilayah Kemantren Wirobrajan.

Menindak lanjuti surat tersebut Dinas Perpustakaan dan Arsip mengirimkan tiga personilnya untuk membantu pendampingan pengelolaan di Kemantren Wirobrajan Tiga personil tersebut Tri Umi Setyowati, A.Md., S.ST Ars., Astuti Ika Marta, A.Md., dan M Dedik Zakaria.

Pendampingan Pengelolaan Arsip bersama Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Yogyakarta di Aula Bugis Kantor Kemantren Wirobrajan, dilaksanakan tanggal 23 Maret 2021 pukul 13.00 hingga selesai, dan dibuka oleh bapak Mantri Anom yaitu Avo Dito Hendra serta diikuti oleh beberapa Karyawan Kemantren dan Kelurahan Kemantren Wirobrajan.

Pembicaraan juga menerangkan betapa pentingnya penataan arsip, dikarenakan arsip tersebut merupakan semua rekaman kegiatan/peristiwa di organisasi. Arsip juga terdiri dari arsip dinamis dan statis. Acara ini juga menerangkan dari hal sederhana dalam kearsipan hingga detail lainnya. Seperti penjelasan melipat kardus arsip, bagaimana meletakkan kartu kendali berdasarkan kode di dalam kotak kendali, meletakkan sekat pinggir dan tengah, serta bagaimana penggunaan Filing Cabinet dan penataannya.

Kegiatan ini semoga bisa mempermudah karyawan dalam penataan arsip, guna mempermudah dikemudian hari dalam pencarian arsip oleh karyawan lainnya.