BPD DIY Melakukan Monitoring dan evaluasi (Monev) Penggunaan QRIS di Kemantren Wirobrajan

Yogyakarta, 28 Maret 2022

Perwakilan BPD DIY Cabang Senopati, Basit Aulawimelakukan monitoring dan evaluasi terkait penggunaan QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard) untuk pembayaran retribusi TPU Pracimalaya di Kantor Kemantren Wirobrajan pada Senin, 28 Maret 2022. Hadir pada kesempatan tersebut Mantri Pamong Praja, Kepala Jawatan Umum dan staf Jawatan Umum. Monev tersebut merupakan tindak lanjut dari penggunaan QRIS yang sudah mulai digunakan untuk pembayaran retribusi makam di Kantor Kemantren Wirobrajan sejak 1 Maret 2022. Hingga saat ini, per 28 Maret 2022 sudah ada 15 transaksi pembayaran retribusi makam yang melalui QRIS.

QRIS adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya. Ahli waris yang akan membayar retribusi TPU Pracimalaya dapat menggunakan aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik atau mobile banking yang memiliki fitur pembayaran menggunakan QR Code dari PJSP (Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran) penyelenggara QRIS berizin Bank Indonesia.​ QRIS juga merupakan program Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah.

Dengan QRIS ahli waris hanya melakuk​an scan, masukkan nominal, masukkan PIN dan klik bayar. Notifikasi transaksi langsung diterima ahli waris maupun petugas pelayanan melalui aplikasi QUAT (QRIS Ultimate Automated Transaction). QUAT merupakan aplikasi mobile yang dihadirkan untuk memfasilitasi transaksi digital dalam jaringan QRIS. “Sekarang ahli waris yang mau membayar retribusi makam menjadi lebih cepat, mudah dan efisien tidak perlu bolak balik setor uang ke bank”, demikian disampaikan oleh Sarwanto, Mantri Pamong Praja Kemantren Wirobrajan.

Pertemuan diakhiri dengan penyerahan banner alur pembayaran mengggunakan Qris dari BPD DIY kepada Kemantren Wirobrajan yang diterima langsung oleh Mantri Pamong Praja Kemantren Wirobrajan, dan selanjutnya banner tersebut diletakkan di ruang pelayanan Kemantren Wirobrajan.