Kunjungan BBWSO

   Bapak Mantri Pamong Praja, Sarwanto, SIP, MM didampingi Bapak Ketua LPMK Kelurahan Patangpuluhan , Yuniar Purwantoro, menerima Kunjungan dari Tim Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSO) dalam rangka Rencana Normalisasi Sungai Winongo pada hari Jumat , 08 April 2022 di wilayah Grojogan Tanjung Kelurahan Patangpuluhan .

  Saat musim hujan, sungai-sungai di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) rentan mengalami banjir, jika bagian dasarnya mengalami pendangkalan. Sehingga, upaya normalisasi dilakukan lembaga terkait, menghadapi musim hujan yang saat ini mulai berlangsung.

   Kepala Bidang Operasional, Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) Sahril, memprioritaskan normalisasi pada daerah aliran sungai yang kritis, karena terjadi pendangkalan akibat tumpukan material pasir di bagian dasar.

   Seperti saat ini, pihaknya melakukan pembahasan rencana normalisasi di sekitar Grojogan Tanjung Kali Winongo. Sahril juga mengakui, ada sejumlah kendala penyebab belum optimalnya normalisasi sungai, yang rutin dilakukan tiap tahun, yaitu terbatasnya anggaran operasional. Disamping itu, material pasir hasil normalisasi tidak bisa dimanfaatkan untuk tanggul penahan banjir di sungai, karena diambil dan dijual oleh masyarakat.