Tim PIK-R Tunas Harapan Kelurahan Wirobrajan Membawa Kemantren Wirobrajan Mewakili Kota Yogyakarta Mengikuti Lomba Apresiasi Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R)  ke Tingkat Provinsi DIY

WIROBRAJAN - Tim PIK-R Tunas Harapan Kelurahan Wirobrajan, Kemantren Wirobrajan, berhasil terpilih untuk mewakili Kota Yogyakarta dalam lomba apresiasi Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) ke Tingkat Provinsi DIY. Lomba apresiasi terhadap Tim PIK-R Tunas Harapan yang diketuai oleh Sdr. Ridwan Setiawan di Tingkat Provinsi DIY dilaksanakan pada hari Selasa, 07 Juni 2022 bertempat di Gedung Serbaguna Kelurahan Wirobrajan. Dalam kesempatan tersebut, turut hadir tim juri BKKBN DIY, Jajaran DP3AP2KB, Mantri Pamong Praja Kemantren Wirobrajan, Lurah Wirobrajan dan PLKB Kemantren Wirobrajan. Tim PIK-R Tunas Harapan menjadi PIK-R Percontohan Beraksi untuk PIK-R segmentasi usia 15 – 19 tahun.

Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja) merupakan bentuk layanan yang ramah remaja yang dikelola dari, oleh, dan untuk remaja guna memberikan akses informasi, pendidikan, dan konseling kesehatan reproduksi dan perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya. Fungsi utama PIK-Remaja adalah : (1) Berbagi informasi; (2) Melakukan konseling; (3) Melakukan rujukan; (4) Mengembangkan potensi diri; dan (5) Melakukan aktivitas positif dan kreatif.

Tujuan diadakan lomba apresiasi PIK-R ini yaitu untuk memberikan dorongan dan motivasi kepada tim PIK-R agar selalu meningkatkan kualitas pelaksanaan pemberian akses informasi, pendidikan, dan konseling kesehatan reproduksi dan perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja oleh Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya di Pusat PIK-R. Adapun bentuk apresiasi yang diberikan kepada PIK-R Percontohan berupa fasilitasi sarana dan prasarana serta fasilitasi kegiatan.

Mantri Pamong Praja Kemantren Wirobrajan, Bapak Sarwanto, S.I.P, M.M mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi kepada Tim PIK-R Tunas Harapan Kelurahan Wirobrajan yang telah berakselerasi dengan baik dan berhasil mewakili Kota Yogyakarta ke tingkat Provinsi DIY, dan akan terus mendukung serta memfasilitasi agar program PIK-R ini berkesinambungan karena manfaatnya sangat besar bagi para remaja, khususnya remaja di wilayah Kemantren Wirobrajan.