Workshop Kewirausahaan Bagi Pemuda

WIROBRAJAN – Workshop kewirausahaan bagi pemuda dilaksanakan pada hari Selasa, 14 Juni 2022 di Aula Bugis Kemantren Wirobrajan. Acara dihadiri lebih dari 30 (tiga puluh) orang yang terdiri dari pengurus dan anggota Karang Taruna se-Kemantren Wirobrajan. Pada kesempatan tersebut hadir Bapak Sarwanto, S.I.P, M.M selaku Mantri Pamong Praja Kemantren Wirobrajan dan Ibu Sri Winarsih, S.E selaku Kepala Jawatan Kemantren Wirobrajan. Turut hadir pula Ibu Lisa Lindawati, SIP, MA (Program Manager Creative Hub UGM), dan Bapak Matahari Farransahat, SE, M.HEP (Managing Director Creative Hub UGM) sebagai pemateri.

Materi pertama disampaikan oleh Ibu Lisa Lindawati, SIP, MA tentang pentingnya menentukan jati diri sebagai seorang pemuda. Seorang pemuda yang berkeinginan menjadi seorang wirausaha dituntut harus mampu membaca peluang-peluang usaha di masa depan, selalu mengikuti perkembangan teknologi yang sangat berkembang pesat pada saat ini, sehingga peluang sekecil apapun mampu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Materi kedua dilanjutkan oleh Bapak Matahari Farransahat, SE, M.HEP terkait bagiamana kiat-kiat dalam memulai sebuah usaha. Langkah awal yang perlu dilakukan adalah menentukan model bisnis yang akan dijalani seperti apa, kemudian merancang konsep bisnisnya serta mampu membaca peluang pasar dan costumer yang akan disasar. Perlunya riset bisnis akan menentukan seberapa berhasil sebuah bisnis berkembang.

Kegiatan berjalan dengan lancar dan tertib. Peserta sangat antusias dalam mengikuti acara tersebut. Diharapkan pengetahuan yang diperoleh dapat memberikan manfaat dan mampu memotivasi para peserta workshop untuk menjadi wirausahawan yang handal. (F-23/06)