NGURI-URI KEBUDAYAAN JAWA MELALUI PELATIHAN GAMELAN

NGURI-URI KEBUDAYAAN JAWA MELALUI PELATIHAN GAMELAN

WIROBRAJAN -  “Pelatihan Gamelan” merupakan judul kegiatan yang diselenggarakan Kemantren Wirobrajan pada hari Senin, 20 Juni 2022 pukul 19.00 WIB di Balai RW 07 Kelurahan Wirobrajan. Pada kesempatan tersebut, turut hadir Kepala Jawatan Sosial Kemantren Wirobrajan Ibu Sri Winarsih, SE, Penggerak Swadaya Masyarakat Kemantren Wirobrajan Bapak Dwi Yudhi P, dan instruktur gamelan.

Kemantren Wirobrajan mengadakan pelatihan gamelan untuk semua kalangan usia baik dewasa, remaja, atau anak-anak. Kegiatan ini sebagai usaha nguri-uri budaya asli Jawa agar mereka mampu mengenal kebudayaan adiluhung warisan nenek moyang bangsa Indonesia.

Latihan gamelan melibatkan salah satu Rintisan Kelurahan Budaya (RKB) Kelurahan Wirobrajan. Peserta latihan sebagian besar dari kalangan orang tua karena tidak mudah untuk mengajak kaum muda untuk ikut berlatih dan mengenal kesenian tradisional khususnya kesenian Gamelan. Pelatihan meliputi belajar mengenal notasi dalam instrument gamelan serta cara membacanya, berlatih memainkan berbagai macam iringan gamelan serta beberapa gending Jawa.

Tujuan kegiatan pelatihan gamelan ini untuk mengenalkan kepada masyarakat tentang kebudayaan local (budaya asli Jawa), serta melestarikan kebudayaan Jawa yang sudah mulai terpinggirkan oleh kebudayaan modernisasi. Secara umum, acara belajar dengan lancar dan tertib. (F-24/06)