Sosialisasi Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA)  sebagai Upaya Pencegahan Stunting

WIROBRAJAN -  “Sosialisasi Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA)  sebagai Upaya Pencegahan Stunting” merupakan judul kegiatan yang diselenggarakan  pada hari Selasa, 21 Juni 2022 bertempat di Aula Bugis Kantor Kemantren Wirobrajan. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan, Yayasan Sentra Laktasi Indonesia, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, UPT Puskesmas,PKK Kota Yogyakarta, dan Kantor Kemantren. Dinas Kesehatan, UPT Puskesmas dan Yayasan Sentra Laktasi Indonesia berpartisipasi sebagai narasumber. Peserta terdiri dari perwakilan ibu hamil, ibu menyusui dan ibu dengan balita warga Kemantren Wirobrajan. Pada kesempatan tersebut turut hadir Bapak Sarwanto, S.I.P, MM selaku Mantri Pamong Praja Kemantren Wirobrajan, dan Ibu Sri Winarsih selaku Kepala Jawatan Sosial Kemantren Wirobrajan.

Ibu Fitri Andyaswuri, narasumber dari Yayasan Sentra Laktasi Indonesia memaparkan bahwa stimulasi tumbuh kembang anak memerlukan peran dari orangtua yaitu dengan mengatur pola makan dengan baik. Pengaturan pola makan dapat dilakukan dengan pemberian menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA). Pemberian menu B2SA secara teratur dapat mencegah stunting. Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) sehingga anak terlalu pendek untuk usianya.  Kondisi pada 1000 HPK inilah yang perlu mendapatkan perhatian oleh ibu hamil, ibu menyusui, dan untuk anak usia 0-23 bulan 0-23 bulan agar memenuhi gizi secara seimbang untuk memutus rantai stunting.  

Pelaksanaan Sosialisasi Menu B2SA yang dihadiri 30 peserta berjalan dengan lancar. Peserta aktif dalam bertanya dan berdiskusi dengan narasumber. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya menerapkan pola makan dengan Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan AMAN (B2SA) sebagai upaya pencegahan stunting. (F-27/06)