Penyuluhan Terpadu Perkawinan Kemantren Wirobrajan

WIROBRAJAN – Penyuluhan Terpadu perkawinan diselenggarakan oleh Kemantren Wirobrajan pada hari Rabu, 29 Juni 2022 di Aula Bugis Kemantren Wirobrajan. Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Jawatan Sosial Kemantren Wirobrajan, DP3AP2KB Kota Yogyakarta, KUA Kemantren Wirobrajan, BP4 Kemantren Wirobrajan, staff Jawatan Sosial Kemantren Wirobrajan, Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M.Si dan dr. M. Bambang Edi Susyanto sebagai narasumber, serta warga masyarakat peserta penyuluhan. Sasaran kegiatan penyuluhan ini adalah calon pengantin dan pasangan usia pernikahan < 5th. Adapun peserta yang hadir sekitar 30 orang.

Salah satu tujuan diadakannya penyuluhan ini adalah untuk membentuk keluarga sejahtera terutama untuk warga Wirobrajan. Kegiatan ini dilaksanakan untuk membekali kepada para calon pengantin dan pasangan suami istri untuk menjaga hubungan perkawinan agar mengurangi perceraian yang ada.

Pada kesempatan tersebut, narasumber pertama Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M. Si. menyampaikan materi bagaimana cara pengasuhan positif untuk melahirkan generasi yang berkualitas, bagaimana membangun komunikasi yang efektif dengan anak, dan bagaimana menerapkan disiplin positif kepada anak.

Narasumber kedua, dr. M. Bambang Edi Susyanto, dokter di RS AMC dan RS PKU Muhammadiyah Gamping sekaligus dosen FKIK UMY, menyampaikan pemaparan bagaimana menyiapkan keluarga sehat dan bebas stunting, serta bagaimana pengaruh kondisi psikologis ibu terhadap kondisi psikologis maupun fisik anak.

Narasumber ketiga disampaikan oleh DP3AP2KB yang memaparkan materi tentang aplikasi Elsimil (Elektronik Siap Nikah dan Hamil), dan bagaimana proses skrining, edukasi, dan pendampingan calon pengantin.

Kegiatan penyuluhan berjalan dengan tertib dan lancar. Peserta sangat antusias mengikuti dan mendengarkan pemaparan dari para narasumber. Para peserta berharap agar program ini menjadi agenda rutin yang dilaksanakan berkala dan berkelanjutan.