Pelatihan Pembuatan Yangko - Moci oleh Biro Bina Bermas Sekretariat Daerah DIY di Gedung Serbaguna Kelurahan Wirobrajan

Indonesia memiliki beragam kudapan khas yang bahan dan rasanya mirip. Salah satunya yaitu yangko dan mochi. Kedua kue ini terbuat dari bahan yang sama, yaitu tepung ketan. Tampilan keduanya juga tampak mirip. Meski begitu sebetulnya mochi dan yangko berbeda. 

Pembuatan yangko dan mochi sedikit berbeda. Umumnya, mochi dibuat menggunakan tepung ketan yang dimasak bersama air, gula, dan bahan lainnya.  Sementara itu, proses memasak yangko dilakukan dua kali. Pertama, beras ketan dikukus lalu dikeringkan, kemudian disangrai dan digiling. Perbedaan yangko dan mochi juga terdapat pada bentuknya. Rata-rata mochi yang dijual di pasaran berbentuk bulat, sedangkan yangko kotak. Kendati demikian rasa maupun tekstur mochi dan yangko sama, keduanya kenyal. Bahkan terkadang isiannya pun sama yaitu memakai cincangan kacang tanah. 



Dalam pelatihan ini, yangko dan mochi dibuat dengan perbedaan yangko tanpa isian, sedangkan mochi menggunakan isian kacang. Lurah Wirobrajan Sri Suwardani, S.Sos. berharap dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan kegiatan UMKM di wilayah Kelurahan Wirobrajan serta menaikkan taraf hidup masyarakat, untuk kedepannya beliau berharap agar lebih sering diadakan pelatihan seperti ini agar variasi makanan yang dapat dijual UMKM di wilayah semakin beragam.