Pemantauan Pemotongan Hewan Kurban sekaligus Mendampingi dari Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta Melaksanakan Pengecekan Kelayakan Daging Hewan Kurban di Kelurahan Wirobrajan

 Sabtu 09/07/2022

Hari raya Idul Adha dirayakan setiap tanggal 10 Dzulhijjah dengan sebutan lain ‘Hari Raya Haji’, dimana pada waktu tersebut kaum muslimin sedang menunaikan haji dan melaksanakan wukuf di Arafah.

Mereka semua memakai pakaian serba putih dan tidak berjahit atau di sebut pakaian ihram. Hal tersebut melambangkan persamaan akidah dan pandangan hidup, mempunyai tatanan nilai yaitu nilai persamaan dalam segala segi bidang kehidupan. Tidak dapat dibedakan antara mereka, semuanya merasa sederajat. Sama-sama mendekatkan diri kepada Allah Yang Maha Perkasa, sambil bersama-sama membaca kalimat talbiyah.

Selain dinamakan hari raya haji, hari raya Idul Adha juga disebut juga sebagai “Idul Qurban” karena pada hari itu Allah memberi kesempatan kepada kita untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya.

Bagi umat muslim yang belum mampu mengerjakan perjalanan haji, maka ia diberi kesempatan untuk berkurban, yaitu dengan menyembelih hewan qurban sebagai simbol ketakwaan dan kecintaan kita kepada Allah SWT.

Pelaksanaan hari raya Idul Adha juga dilaksanakan di wilayah Kelurahan Wirobrajan, Kemantren Wirobrajan, dalam hal ini Mantri Pamong Praja Kemantren Wirobrajan Sarwanto, SIP. MM didampingi Staf Kelurahan Wirobrajan Octavian Ady Wibawa, STP., Babinsa Kel. Wirobrajan Serda Tri Maryaka dan Serda Distanta Sanday Melaksanakan Pemantauan Pemotongan Hewan Kurban sekaligus Mendampingi dari Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta Melaksanakan Pengecekan Kelayakan Daging Hewan Kurban dan Masjid di Wilayah Kel. Wirobrajan Kemantren Wirobrajan Kota Yogyakarta.

Hadir dalam Kegiatan  :

1. Mantri Pamong Praja Kemantren Wirobrajan.
2. Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta.
3. Babinsa Kel. Wirobrajan.
4. BKO Satpol PP Kemantren Wirobrajan.
5. Staf Kel. Wirobrajan. 
6. Linmas Kel. Wirobrajan.

Adapun Masjid Diwilayah Kel. Wirobrajan Yang Melaksanakan Pemotongan Hewan Kurban dan Jumlah Hewan Kurban Sbb :

1. Masjid Baabul Jannah :
    Lembu = 9
    Kambing = 16
2. Masjid TPM Annur :
    Lembu = 6
    Kambing = 6
3. Masjid Al Barakah Warrohmah :
    Lembu = 9
    Kambing = 20
4. Nur Hawwin :
    Lembu = 6
    Kambing = 6
5. Masjid Darussalam :
    Lembu = 7
    Kambing = 6
6. Masjid Hikmah dan Muhajirin di GOR Siti Khotijah SMA Muhammadiyah 7 :
    Lembu = 9
    Kambing = 5
7. Masjid Al Hidayah :
    Lembu = 4
    Kambing = 12
 
Selama Kegiatan berlangsung dalam keadaan aman dan lancar.

Kami Segenap Pegawai Kelurahan Wirobrajan, Kemantren Wirobrajan mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah. "Dengan berkurban kita menjalankan perintah-Nya. Dengan berbagi, kita mewujudkan kasih sayang terhadap sesama"