PELATIHAN PACKAGING PRODUCT

WIROBRAJAN (13/07/2023) - Kemasan adalah salah satu senjata ampuh dalam penjualan suatu produk. Kemasan dapat memberikan citra produk. Kemasan dapat memberikan informasi dari Sebuah produk. Kemasan juga mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Oleh sebab itu kemasan sering dikatakan sebagai silent salesman.

Kemasan berfungsi sebagai wadah, sarana distribusi, dan sarana pemasaran sehingga desain kemasan harus disesuaikan dengan produk yang dikemas dan segmen pasar yang dituju. Berfungsi sebagai wadah artinya menempatkan produk ke dalam suatu tempat dan membuatnya layak dan aman. Selain berfungsi sebagai wadah, kemasan juga berfungsi sebagai sarana distribusi, artinya kemasan yang ada harus mampu mempermudah dan ekonomis ketika didistribusikan. Selain itu kemasan juga berfungsi sebagai sarana pemasaran karena kemasan dapat menjadi daya tarik yang mampu meningkatkan penjualan suatu produk. Banyak keputusan pembelian yang dilakukan pembeli karena melihat kemasan dan informasi-informasi yang tertera di dalamnya.

Mengetahui betapa pentingnya kemasan dalam menunjang bisnis, Pendamping KUBE (Kelompok Usaha Bersama) Se-Kemantren Wirobrajan, Nanik Supriyani dari Dinsosnakertrans Kota Yogyakarta mengadakan kegiatan pelatihan Packaging Product agar dapat meningkatkan nilai jual produk yang dihasilkan anggota KUBE, dengan Narasumber Bpk Candra Alfamedia, S. Pi (Owner Jamu Kusuma Dewi) yg diselenggarakan di Aula Bugis Kemantren Wirobrajan tgl 13 Juli 2023 jam 13.00 sd selesai. Hadir pula Sarwanto, Mantri Pamong Praja Kemantren Wirobrajan memberikan sambutan dan menyampaikan rasa terimakasih kepada Dinsosnakertrans yang sudah mengadakan pelatihan packaging product untuk para pelaku usaha di Kemantren Wirobrajan sehingga harapannya dapat meningkatkan nilai jual produk.

"Bapak dan ibu pelaku usaha harus selalu upgrade informasi dan wawasan mengenai apa yang sedang nge-hits di pasaran serta selalu mengembangkan kreativitas agar bisa mengikuti perkembangan pasar." ujar Sarwanto.  (fuad)