KEMANTREN WIROBRAJAN MEMPEROLEH PENGHARGAAN SEBAGAI BADAN PUBLIK DENGAN KATEGORI

WIROBRAJAN - Kemantren Wirobrajan meraih penghargaan dalam Keterbukaan Informasi Badan Publik Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2023 kategori Kemantren/Kapanewon se-DIY dari total 78 kemantren/kapanewon dengan nilai 100 pada hari Kamis, 21 September 2023 di Sahid Jaya Hotel & Convention Center. Penghargaan Keterbukaan Informasi Badan Publik itu diadakan oleh Komisi Informasi Daerah DIY.

Ketua Komisi Informasi Daerah DIY Moh Hasyim menyebut dari 397 badan publik di DIY yang dikirimi surat, sebanyak 362 badan publik di antaranya menyatakan mengikuti monev keterbukaan informasi badan publik tahun 2023. Berdasarkan hasil monev, total ada 166 badan publik yang mencapai predikat informatif. Namun demikian hanya 3 badan publik tertinggi di setiap kategori yang diundang menerima penghargaan Keterbukaan Informasi Badan Publik DIY tahun 2023.

Penilaian pada tahun ini tidak ada lagi kejuaraan, tapi murni pemeringkatan. Instrumen yang digunakan hanya ada satu yaitu penilaian SAQ (self assesment Questionnare) serta verifikasi awal dan faktual. Penilaian monev dilakukan melalui portal e-monev. Tujuan monev terutama untuk mengukur tingkat kepatuhan badan publik di DIY dalam melaksanakan Undang-Undang keterbukaan informasi publik. Termasuk mengidentifikasi, menginventarisasi dan memberikan feedback untuk peningkatan ke depan serta menjadikan hasil monev sebagai rekomendasi perbaikan.